Selasa, 07 September 2010

Istilah-Istilah Teknologi Informasi (P)

1.Perl :sebuah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Larry Wall yang digunakan untuk memproses data yang berbentuk teks maupun yang berbentuk library pada berbagai operating system, mualai dari UNIX, MS-DOS, sampai ke Macintosh
2.PCI Controller :sebuah adaptor atau interface untuk menghubungkan perangkat pendukung komputer berkecepataan tinggi dengan komputer itu sendiri.
3.Pharming :merupakan situs palsu di internet yang digunakan untuk mengarahkan komputer pengguna dari situs yang mereka percayai pada sebuah situs yang mirip.
4.Pointing Device :sebuah perangkat yang berfungsi sebagai penentu atau penunjuk yang mendukung proses komputerisasi bagi manusia.
5.Processor :sebuah nama chip sebagai pengolah utama dari komputer dan merupak bagian dari central processing unit (CPU)
6.Profiling :Merupakan file yang berfungsi untuk melakukan pengontrolan terhadap suatu program.
7.Procmail :suatu program yang memproses pesan e-mail dengan cara mencari keterangan-keterangan pada header body pada suatu pesan yang dikirimkan.
8.Protocol :kumpulan dari beberapa aturan yang berhubungan dengan komunikasi data antara beberapa alat komunikasi supaya komunikasi data dapat dilakukan dengan benar.
9.Packet WAN :perangkat WAN yang mengalihkan paket melalui jalur yang paling efisien dan memungkinkan kanal komunikasi untukdi pakai oleh banyak koneksi.
10. Provider :perusahaan yang menyediakan berbagai layanan yang menyangkut internet dan biasa disebut ISP (Internet Service Provider)
11.Proxy :suatu sistem yang menyediakn diri untuk sistem lain sebagai tanggapan atas permintaan untuk suatu protokol.
12. Punched Card :sebuah wadah untuk menyimpan dan membaca data yang digunakan oleh komputer, dimana wadah ini berupa kartu yang dilubangi.
13.Paddle :jenis alat kuno yang sering digunakan untuk permainan di dalam komputer untuk menggerakkan obyek pada komputer kekiri,kanan atas dan bawah.
14.Pagination :proses membagi dokumen menjadi halaman-halaman untuk dicetak, juga proses penambahan nomor halaman.
15.Panel :merupakan suatu bagian sistem yang mengatur hal-hal yang menjdi tugasnya yang berhubungan dengan sistem dari yang sedang dijalankan.
16.Parity :sebuah sistem pendeteksi keadaan eror yang menguji integritas data antar sisten komputer dan jaringannya.
17.Partition :merupakan pembagi harddisk menjadi beberapa bagian yang digunakan untuk mempermudah manajemen file.
18.Patch :suatu metode untuk mengadakan perubahan program dengan jalan memodifikasi program tersebut.
19.Power Connector :sebuah pin yang menyambungkan motherboard dengan power supply di casing sebuah komputer.
20.Pack :pemadatan data untuk menghemat penggunaan memory
21.POP(Post Office Protocol): Protokol standar yang digunakan untuk mengambil atau membaca email dari sebuah server.
22.Padding :penambahan karakter yang tidak mempunyai arti pada sebuah data dengan tujuan untuk memenuhi suatu ketentuan agar world length suatu data sama.
23.Palmtop : Adalah komputer kecil yang dapat digenggam (karena ukurannya sebesar telapak tangan).
24.Parser : Program yang digunakan untuk mengolah source program.
25.Peer to peer : Suatu model komunikasi dua arah antar pengguna PC melalui jaringan komputer atau Internet tanpa melalui sebuah server.

0 komentar:

Posting Komentar