Sabtu, 04 September 2010

Perkembangan Teknologi Informasi

Sekarang saya akan berbagi pengetahuan dengan kalian semua tentang bagaimana sejarah teknologi informasi itu...??? kemudian perkembangan Teknologi Informasi (khususnya komputer) dan klasifikasinya.

Dalam sejarah Teknologi Informasi ada 3 cara yang dilakukan yaitu secara Natural/Manual,secara Mekanis dan Elektronis.

Natural/Manual
yang dimaksudkan disini yaitu perkembangan teknologi yang dilakukan menggunakan tangan manusia. Contohnya perkembangan pada zaman purba yang menggunakan goresan/gambar pada batu,goa,dll.

Mekanis
peralatan yang digunakan disini adalah berbentuk mekanik tetapi masih digerakkan oleh tangan manusia. Contohnya alat yang digunakan untuk mempercepat perhitungan sensus di USA

Elektronis
pada jaman ini Teknologi Informasi mulai berkembang semakin cepat sehingga muncullah Komputer Generasi I, Generasi II, Generasi III, dan Generasi IV
pada generasi I komputer yang dihasilkan masih menggunakan tabung hampa (vacuum tube) yang memiliki ukuran fisik dan daya listrik yang besar selain itu prosesnya pun kurang cepat.
Sedangkan komputer pada Generasi II, III, dan IV sudah mulai menggunakan transistor sebagai pengganti tabung hampa. Tetapi pada generasi III dan IV transistor tersebut diintegrasikan dengan resistor dan kapasitor kedalam chip tunggal yang disebut IC (Integreted Circuit).

nah.......... setelah kita tau sejarah perkembangan dari teknologi informasi sekarang kita akan mengetahui klasifikasi dari komputer. yaitu Supercomputer, Mainframe, Workstation, Microcomputer, dan Microcontroller.

kita mulai dari pertama ya....

Supercomputer merupakan mesin yang memiliki kapasitas tinggi yang dapat menampilkan 1 juta perhitungan per detik dan biasanya digunakan untuk meramal cuaca, simulasi rudal dan simulasi nuklir.

Kemudian yang kedua adalah Mainframe merupakan komputer pendingin yang memiliki ukuran kecil, sedang atau besar tergantung pada penggunaanya.

Sedangkan yang ketiga Workstation merupakan komputer yang kuat dan cukup mahal yang biasa digunakan untuk perhitungan matematika, teknik ilmiah yang kompleks dan untuk desain komputer.

Dan yang terakhir adalah Microcomputers, teknologi informasi ini yang saat ini kita gunakan misalnya, laptop, PDA (Personal Digital Assistant) dan lain-lain.

Up’s sampe lupa da lagi yang disebut dengan Microcontoller, ini merupakan computer kecil yang berbentuk chip yang memiliki harga cukup murah dibandingkan dengan komputer lainnya karena perangkatnya relatif lebih sederhana.

oce...
akhirnya slesai juga, sampai ketemu di informasi tentang IT selanjutnya... terimakasih...
Bye........

0 komentar:

Posting Komentar